You are here
Home > Wanita > Yuk Ketahui Penyebab Pre-ekslampsia Pada Ibu Hamil

Yuk Ketahui Penyebab Pre-ekslampsia Pada Ibu Hamil

Pembengkakan pada anggota tubuh ketika masa kehamilan dalam dunia kedokteran disebut dengan istilah Pre-ekslamsia. Ini merupakan salah satu penyebab kematian pada kehamilan. Hal ini disebabkan karena tidak mendapat penanganan yang tepat akibat minim pengetahuan ibu terhadap tanda dan bahaya pada kehamilan.

Apa itu Pre-ekslampsia?

Pre-ekslampsia adalah gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine. Kondisi ini dapat membahayakan organ-organ lainnya, seperti ginjal, hati, dan mata.

Pada Ibu Hamil yang terkena penyakit Pre-eklampsia maka akan menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah, dan membuat berat badan naik secara mendadak hanya dalam kurun waktu yang singkat yaitu satu atau dua hari. Bahkan para penderita pre-eklampsia yang parah akan sering buang air kecil tanpa keluarnya urin, mengalami nyeri dan kejang perut, serta berkurangnya fungsi penglihatan (penglihatan menjadi kabur).

Akibat tekanan darah yang terus meninggi dapat menyebabkan malfungsi pada ginjal, misalnya asupan gizi yang Ibu Hamil konsumsi tak akan pernah sampai pada janin. Akibanya, bayipun akan terlahir prematur (baik spontan maupun untuk menyelamatkan bayi dan ibu), kelahiran bayi cacat atau perkembangan janin tidak sempurna, bahkan berpotensi mengancam jiwa.

Pre-eklampsia biasanya terjadi saat awal kehamilan, namun bisa juga terjadi saat kehamilan memasuki minggu ke-20, trisemester kedua, bahkan delapan minggu pasca melahirkan.

Namun tidak semua wanita dianjurkan untuk melakukan tes kadar protein. Tes tersebut lebih dianjurkan bagi wanita yang pernah mengalami pre-eklampsia pada kehamilan sebelumnya. Namun, ada baiknya jika Anda melakukan tes tersebut di awal kehamilan walaupun Anda belum pernah mengalaminya. Karena semakin awal pre-eklampsia terdeteksi, maka semakin cepat pula Anda mendapatkan penanganan terbaik selama masa kehamilan.

Demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai penyebab membengkaknya tangan, kaki, dan betis yang sering terjadi pada Ibu Hamil (pre-ekslampsia). Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Top