You are here
Home > Pria > 6 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Tanpa Cekcok

6 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Tanpa Cekcok

Ternyata urusan duit sangat sensitif loh buat pasutri. Bahkan sebuah studi dari Kansas State University, menyebutkan uang sering menjadi penyebab pertengkaran dalam rumah tangga. Namun, agar tidak menimbulkan cekcok, yang perlu di lakukan oleh pasangan saat mengatur keuangan adalah membuat perencaan yang baik.

Inilah 6 tips mengatur keuangan rumah tangga yang baik tanpa harus cekcok:

  1. Tentukan Tujuan yang Ingin Dicapai Besama Pasangan

Untuk apa menikah jika ingin mencapai suatu tujuan secara sendiri-sendiri. Bukankah menikah bertujuan untuk mencapai suatu tujuan secara bersama-sama.

Itulah yang sering kali di lupakan oleh pasangan suami istri. Menjadi keluarga bahagia dan penuh harmonis merupakan harapan setiap pasangan.

Namanya juga suami istri. Pasti segala sesuatunya harus di putuskan secara bersama-sama, tidak bisa lagi secara sendiri-sendiri seperti saat masih jomblo dulu.

  • Sediakanlah waktu untuk berdiskusi.
  • Buatlah daftar prioritas.
  • Bicarakanlah masa tua anda.

Dengan anda membuat tujuan yang ingin dicapai bersama pasangan anda, anda juga mampu membuat hubungan rumah tangga anda semakin harmonis. Karena segala sesuatu akan anda jalani bersama pasangan anda, dan bukan lagi sendiri-sendiri dalam mencapai suatu tujuan.

  1. Buatlah Anggaran Pengeluaran Kebutuhan Rumah Tangga

Ini yang sering kali di abaikan oleh pasutri, membuat anggaran pengeluaran kebutuhan rumah tangga. Sering kali yang salah di lakukan oleh pasutri adalah melakukan pengeluaran uang di lakukan untuk pribadi, bukan untuk keperluan rumah tangga. Anda harus bisa membagi pengeluaran kebutuhan rumah tangga anda. Misalnya:

  • 35% pendapatan untuk keperluan rumah tangga.
  • 15% untuk makan.
  • 15% untuk rekreasi, beli baju, dll.
  • 15% untuk cicilan.
  • 10% untuk tabungan/investasi.
  • 10% untuk biaya darurat.

Jika anda mampu untuk menata keuangan rumah tangga anda, akan menghindarkan cekcok yang bisa terjadi antara anda dan pasangan anda.

  1. Membuat Rekening Bersama

Anda tetap boleh untuk memiliki rekening pribadi. Akan tetapi setelah anda menikah, sebaiknya anda membuat rekening bersama yang bertujuan untuk mencakup seluruh kebutuhan rumah tangga anda.

Selain itu, dengan membuat rekening bersama pasangan akan melatih kejujuran dan keterbukaan.

  1. Putuskan Apakah Memerlukan Rekening Tambahan

Beberapa pasangan memutuskan untuk membuat rekening bersama lain sebagai tabungan tambahan untuk tujuan yang lebih besar. Rekening ini bisa berfungsi sebagai deposito dengan mengambil gaji anda secara langsung untuk di tabungkan tiap bulannya.  Selain itu, rekening juga bisa anda gunakan untuk menyiapkan biaya sekolah anak atau tabungan pensiun anda.

  1. Rapat Keuangan Setiap Minggu

Apakah anda sudah melakukan hal ini ?

Tidak banyak pasangan suami istri yang melakukan hal ini. Kebanyakan dari mereka beranggapan, asal komunikasi baik dan lancar akan menghindarkan mereka dari cekcok rumah tangga. Padahal fungsi rapat ini adalah untuk mengecek kembali keuangan rumah tangga dan merencanakan kembali untu pengeluaran selanjutnya.

Ingat. Jangan sampai ada pengeluaran dan pemasukan yang tidak di ketahui oleh suami atau istri anda.

  1. Berpikir Positif dan Jujur

Jika anda selalu positif thinking, masalah apapun bisa di atasi bersama pasangan dengan tenang. Bedahalnya jika anda berpikir negatif, masalah sepele bisa menjadi masalah yang besar.

Sebaiknya selalu fokus pada tujuan bersama yang ingin anda capai dengan pasangan anda. Selalu jujur dan terbuka pada pasangan kunci keharmonisan rumah tangga anda !!!

Top