You are here
Home > Rumah Tangga > 5 Tips Mudah Mengatasi Anak Malas Belajar

5 Tips Mudah Mengatasi Anak Malas Belajar

Orang tua mana yang tidak bangga ketika melihat buah hatinya menjadi anak yang cerdas. Memiliki seorang anak yang mampu membanggakan merupakan dambaan semua orang tua. Tapi sebenarnya tahukah anda doa yang sering di panjatkan setiap orang tua kepada sang buah hati saat pertama kali lahir ke dunia ?

Yaa. Semoga menjadi anak yang sholeh dan sholehah, berguna bagi agama, bermanfaat bagi nusa dan bangsa, dan mampu membanggakan orang tua.

Seiring berjalannya waktu juga secara perlahan akan terjadi perubahan terhadap diri anak anda, entah dari bentuk fisik maupun dari karakter anak tersebut. Anak anda sudah mulai harus mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk dirinya. Pendidikan pertama sang anak tumbuh dari lingkungan keluarga, begitupun seterusnya saat memasuki lingkungan sekolah.

Banyak orang tua yang merasa resah ketika melihat anak kebanggaannya mulai terlihat karakter kemalasannya. Apalagi setelah anak memasuki lingkungan sekolah, banyak orang tua mengeluhkan karakter anaknya yang malas belajar.

Sebenarnya tidak ada anak-anak yang malas belajar karena faktor keturunan. Bila anak anda malas belajar, maka yakinlah ada yang salah pada kepribadian anak itu sendiri. Apa yang salah ? Hanya satu hal yang menyebabkan kemalasan anak anda, yaitu kurangnya motivasi. Seorang anak kehilangan motivasi saat mereka takut dengan kegagalan.

Motivasi adalah faktor penting yang harus tumbuh dalam diri setiap anak. Dari sinilah peran orang tua sangat di butuhkan, memberikan motivasi kepada sang anak akan mampu menumbuhkan kembali semangat dalam dirinya.

Lalu bagaimana cara mengatasi sifat anak yang malas belajar ?

Ada beberapa tips yang akan saya ungkap di kesempatan kali ini.

  1. Ketahui Penyebabnya

Jika orang tua tidak mengetahui penyebab kemalasan sang anak, mustahil bagi orang tua untuk dapat menyelesaikan masalah sang anak. Banyak orang tua yang cenderung salah menduka sebab terjadinya anak yang malas belajar.

Sebenarnya ada 2 faktor yang menyebabkan sang anak malas belajar. Yaitu, Hilangnya kepercayaan diri pada anak, dan adanya rasa rendah diri yang tertanam pada jiwa sang anak. 2 hal itulah yang menjadi faktor utama perubahan karakter pada diri anak anda, yang dapat di perburuk oleh faktor-faktor seperti depresi dan kecemasan.

  1. Menangani Masalah Kepercayaan Diri

Ada banyak cara untuk memotivasi anak. Anak yang memiliki tujuan dan harga diri tinggi juga merupakan anak yang memiliki motivasi tinggi untuk mencapai sesuatu.

  1. Pujian dan Memuji Anak Anda

Mendapatkan pujian dan di puji juga menjadi sumber motivasi untuk anak anda. Apalagi jika anda memberi pujian kepada anak anda untuk melakukan tanggung jawab, pujian anda juga menjadi semangat yang akan muncul pada diri anak anda.

  1. Ajarkan Anak Anda Bahwa Kegagalan adalah Kenyataan

Dalam point ini, ajarkan kepada anak anda arti sebuah kegagalan. Dengan cara menceritakan pengalaman kegagalan anda. Dengan tujuan tidak lain supaya anak anda juga tahu bahwa orang tuanya pun pernah mengalami kegagalan. Hal ini akan membimbing anak anda untuk tetap belajar bahwa gagal adalah bagian dari kesuksesan.

  1. Luangkan Waktu yang Cukup Untuk Keluarga

Hal ini patut anda perhatikan. Perubahan karakter anak anda tidak hanya di sebabkan dari luar lingkungan keluarga, akan tetapi justru faktor dalam rumah tangga lah awal mula karakter anak terbentuk. Kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua merupakan awal mula perubahan karakter anak anda. Luangkanlah waktu yang cukup untuk memberi perhartian ataupun sekedar kumpul bersama anak dan keluarga anda.

Sifat kemalasan pada anak bukanlah sifat bawaan. Ini adalah reaksi terhadap berbagai rangsangan dan faktor-faktor lingkungan di sekitar mereka.

Top