You are here
Home > Percintaan > Tips Mencegah Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Tips Mencegah Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Kekerasan dalam rumah tangga bisa terjadi dalam bentuk kekerasan fisik, kekerasan psikologis/emosional, kekerasan seksual, kekerasan ekonomi, dan kekerasan spiritual. Biasanya kekerasan dalam rumah tangga atau biasa di sebut KDRT korbannya lebih dominan terjadi pada perempuan. Ya, kenapa sebagian besar korban KDRT adalah perempuan? Tidak perlu heran, hal ini dikarenakan adanya budaya patriarki yang ada hampir di seluruh belahan dunia yang memunculkan pemikiran bahwa perempuan memiliki kedudukan yang lebih rendah dibanding laki-laki.

Bukan hanya terjadi pada perempuan, anak pun juga bisa menjadi sasaran KDRT. Lalu, bagaimana caranya agar hal-hal tersebut tidak sampai muncul dalam kehidupan keluarga kita? Berikut ini adalah tips mencegah kekerasan dalam rumah tangga yang dapat kita jadikan upaya untuk melindungi wanita maupun anak yang menjadi korban KDRT:

1. Jalinlah Komunikasi Yang Harmonis Antar Anggota Keluarga

Dengan adanya jalinan komunikasi yang baik antar anggota keluarga memungkinkan segala permasalahan yang terjadi dapat lebih mudah diatasi. Dalam keluarga seperti ini, akan muncul saling keterbukaan, hilangnya rasa curiga dan menumbuhkan rasa saling percaya, sehingga hal ini akan menciptakan perasaan yang positif di antara anggota keluarga.

2. Menjalin Keterbukaan Antar Pasangan Dalam Segala Hal

Salah satu faktor penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga adalah adanya keterbukaan antar pasangan. Dengan sikap saling terbuka mendorong kita untuk selalu bersikap jujur dan saling berbagi dengan pasangan kita. Apapun permasalahan yang kita alami akan mudah didiskusikan dan diselesaikan bersama-sama. Sikap saling tertutup satu sama lain akan berdampak pada munculnya kecurigaan pada pasangan kita, sehingga hal ini akan dapat memicu munculnya pertengkaran di rumah tangga.

3. Saling Memberi Dukungan Secara Moril Apabila Dalam Kesulitan

Jadikanlah keluarga ibarat tubuh kita sendiri. Artinya jika salah seorang anggota keluarga mengalami kesulitan, maka kita tidak boleh berdiam diri melainkan berusaha agar kesulitan tersebut dapat segera diatasi. Membantu anggota keluarga tidak harus selalu dalam bentuk materi maupun tindakan tertentu. Dukungan yang paling mudah untuk kita berikan adalah berupa dukungan moril. Dalam hal ini kita diharapkan dapat memberikan simpati dan empati kepada keluarga kita yang mengalami kesulitan atau masalah. Usahakanlah untuk memberikan motivasi maupun dorongan kepadanya agar masalah yang ia hadapi dapat segera terselesaikan.

4. Saling Menghargai Antar Pasangan

Dalam berumah tangga, perbedaan pendapat dan pola pikir merupakan hal yang lumrah. Bahkan pertengkaran pun terkadang menjadi bumbu kehidupan dalam rumah tangga. Namun demikian, bukan berarti hal tersebut dapat terus dibiarkan. Pertengkaran sekecil apapun dapat memicu terjadinya kasus kekerasan dalam rumah tangga. Oleh karena itu adalah tepat bagi kita untuk saling menghargai pasangan. Belajarlah untuk dapat memahami pendapat maupun pola pikir dan berusaha mendalami sudut pandang dari pasangan kita. Selalu memaksakan kehendak dan keinginan kita dapat menjadikan bumerang yang berbahaya bagi keutuhan rumah tangga. Sebaliknya, dengan belajar menghargai pasangan akan semakin mempererat jalinan emosi antara kita dan pasangan.

5. Saling Memaafkan Apabila Salah Satu Pasangan Melakukan Kesalahan

Manusia adalah mahluk yang tidak pernah luput dari kesalahan. Oleh karena itu, sangatlah bijaksana jika kita mau meminta maaf terhadap kesalahan kita. Bukan hanya itu, memberikan maaf juga merupakan sifat yang mulia. Seandainya saja kedua hal ini dapat dibudayakan dalam keluarga kita, maka sangatlah kecil kemungkinan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga kita.

Itulah beberapa tips mencegah kekerasan dalam rumah tangga. Ingatlah, bahwa kebahagiaan maupun kehancuran rumah tangga anda bergantung pada bagaimana anggota di dalam keluarga Anda bekerja sama untuk tujuan keluarga Anda. Saling menghargai dan mencintai adalah bibit yang baik untuk menuai kebahagiaan keluarga saat ini dan di masa yang akan datang.

Top