You are here
Home > Percintaan > Tips Mencegah Kebosanan Dalam Kehidupan Rumah Tangga

Tips Mencegah Kebosanan Dalam Kehidupan Rumah Tangga

Terkadang rasa bosan dan jenuh seringkali hadir di seiring dengan bertambahnya usia pernikahan. Tidak bisa di pungkiri bosan dalam kehidupan berumah tangga adalah hal yang wajar, mengingat memang tidak ada yang sempurna dalam kehidupan di dunia ini. Cinta saja tidaklah cukup untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Diperlukan ketulusan hati untuk sama-sama berusaha menjaga semuanya tetap baik-baik saja dan manis bagaikan masa pacaran dulu. Jika tidak, maka yang namanya kebosanan akan datang menghampiri.

Tanggung jawab istri dalam mengurus anak dan mengelola rumah tangga, serta tanggung jawab suami dalam mencari nafkah dan bekerja. Tak jarang membuat masing-masing pasangan merasa jenuh dengan kegiatan yang monoton yang dilakukan terus menerus, yang pada akhirnya membuat rasa bosan dan jenuh membelenggu sebuah pernikahan.

Nah berikut ini ada beberapa tips mencegah kebosanan dalam rumah tangga yang bisa Anda lakukan agar tetap harmonis:

1. Kenang Kembali Masa Indah Dimasa Lalu Bersama dengan Pasangan

Ketika Anda merasa bosan atau merasa jenuh dengan pasangan, bisa jadi ikatan cinta anda bersama mereka mengalami penurunan karena masing-masingnya sudah disibukan dengan kegiatan dan aktivitas yang membuat waktu luang tidak bisa disempatkan untuk bisa bersama dengan pasangan. Nah, untuk itulah, jika Anda dan pasangan mendapatkan waktu luang yang cukup dan terasa begitu santai. Cobalah untuk mengobrol berdua dengan membahas masa lalu yang indah bersama dengan pasangan. Hal ini bisa anda awali dengan membuka album kenangan atau melihat kembali beberapa barang atau hal yang bisa mengingatkan pasangan pada kenangan berdua yang begitu mengesankan dan tidak terlupakan. Dengan begini asmara yang Anda alami bersama dengan pasangan akan bisa bersemi kembali dan membuat kebosanan akan bisa sirna dari benak Anda.

2. Ingatkan Kembali Kesan Saat Pertama Pacaran

Mengingatkan kembali kesan saat pertama Anda pacaran bersama dengan pasangan akan menjadi sebuah momen yang begitu romantis dan begitu harmonis. Meskipun terkadang elakan dan sangkalan akan menghiasi pembicaraan ini karena masing-masingnya merasa malu untuk mengakui sebuah kebenaran akan siapa yang lebih mencintai pasangannya. Namun setidaknya, hal ini akan membuat nuansa cinta dan kasih yang pernah hadir dulu, kembali dihadirkan saat ini, meskipun usia pernikahan anda sudah tak lagi muda bersama dengan pasangan.

3. Sediakan Quality Time Berdua

Meskipun pernikahan Anda sudah berjalan bertahun-tahun, bukan berarti Anda boleh meremehkan waktu bersantai berdua saja. Atur waktu khusus untuk pergi ke toko buku favorit berdua, atau menonton film bersama di laptop di rumah, jika Anda berdua benar-benar sibuk dan tidak sempat melakukan hal-hal menghibur yang spontan. Untuk sementara, asingkan diri dari anak-anak ataupun pekerjaan kantor, agar waktu ini bisa betul-betul memperbaiki ikatan batin Anda berdua.

4. Memuji Pasangan

Memuji kembali pasangan akan membuat pasangan Anda merasa kembali dicintai, dengan demikian respon yang baik dan begitu lembut akan pula dilakukan pada pasangan untuk Anda, sehingga Anda akan kembali merasakan rona asmara dan perlakukan lembut pasangan seperti yang ia lakukan dulu saat masih pacaran. Dengan begini rasa cinta antara Anda dan pasangan akan semakin terasa dan membuat kejenuhan dan rasa bosan sirna dengan cinta dan kasih yang diberikan pasangan untuk Anda.

5. Menghargai Pasangan

Hal kecil yang akan mungkin menjadi begitu berharga dalam sebuah pernikahan sekaligus menjadi hal yang akan membuat pasangan merasa begitu dicintai adalah dengan menghargai mereka dan memperlakukan mereka dengan begitu baik. Dengan demikian, mereka pun akan dapat melakukan hal yang sama paa anda. Kebosanan dan kejenuhan, umumnya akan muncul saat anda merasa sudah tak lagi diperhatikan dan tidak dicintai seperti dulu. Namun jika anda tidak memperlakukan pasangan dengan baik dan tidak menujukan cinta untuk pasangan, maka mustahil jika hal serupa bisa anda dapatkan dari pasangan. Untuk itulah, ketika anda ingin diperhatikan dan dicintai oleh pasangan, maka perlakukan mereka seperti bagaimana anda ingin diperlakukan.

Menghilangkan kebosanan tidak cukup dengan hanya refreshing keluar rumah dan kabur dari rutinitas belaka, tapi harus dimulai dari dalam hati terdalam, merefresh kembali niat dan tujuan Anda menikah dengan pasangan Anda. Semoga tips mencegah kebosanan dalam rumah tangga ini bermanfaat untuk Anda.

Top