You are here
Home > Pria > Sunat Mempunyai Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Sunat Mempunyai Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Sunat atau khitan adalah proses pelepasan atau memotong seluruh kulup atau kulit penutup depan dari penis. Selain wajib hukumnya bagi Islam dan beberapa keyakinan agama lainnya, sunat ternyata memiliki manfaat kesehatan. Walau sekilas tindakan memotong kulup penis terlihat mengerikan, nyatanya banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan sunat sebenarnya amat diperlukan.

Kenapa perlu sunat?

Terlepas dari ajaran agama dan kepercayaan tertentu, dari sisi medis ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapatkan orang yang menjalani proses sunat, apa saja manfaatnya?

1. Menghindari Kanker Prostat

Penelitian di Universiy of Quebec’s INRS-Institut Armand-Frappier di Montreal, Kanada menyebutkan bahwa sunat akan mengurangi risiko terinfeksi penyakit kelamin menular yang menjadi salah satu penyebab kanker prostat.

2. Menjaga Kebersihan

Dengan sunat, akan membuat pria lebih mudah membersihkan penisnya. Sunat dapat menghindari penumpukan kotoran. Sebab setelah kencing, biasanya masih ada tersisa di kulit (kulup penis) yang akhirnya dapat menyebabkan iritasi kronis. Kebersihan penis tentu bisa melindungi pria dari berbagai penyakit menular. Selain itu bagian ujung penis pria merupakan tempat tumbuhnya banyak bakteri. Jika tidak dikhitan, pria berisiko menderita inflamasi yang berujung pada berbagai masalah kesehatan.

3. Menghindari HIV

Pria yang sudah dikhitan memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit menular seksual, salah satunya adalah HIV. Menurut penelitian Dr. Lance Price dan rekan-rekannya dari George Washington University, AS, sunat dapat mengurangi resiko terinfeksi HIV hingga 50 persen. Penelitian tersebut dilakukan dengan membandingkan orang yang mengikuti sunatan masal yang dilakukan di uganda dan yang tidak mengikuti sunatan masal tersebut. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa setelah disunat, jumlah total bakteri yang ada di kulup penis partisipan menurun secara signifikan. Selain itu prevalensi bakteri anaerob (organisme yang tak dapat hidup tanpa oksigen) menjadi berkurang. “Anda menghilangkan kulupnya dan jumlah oksigen yang ada di penis menjadi meningkat sekaligus menurunkan kelembabannya. Dengan mengubah ekosistem yang ada di penis maka penis tidak menjadi sarang virus.

4. Menghindari Infeksi Ginjal & Kandung Kemih

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Brian Morris, profesor ilmu kedokteran molekular dari Sydney Medical School, University of Sydney, disebutkan bahwa anak laki-laki yang tidak dikhitan sepuluh kali lebih rentan terserang infeksi ginjal, kandung kemih, dan uretra daripada bocah yang dikhitan.

5. Sebagai Penyumbang Bakteri Baik

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Indiana University, populasi bakteri baik secara signifikan dipengaruhi oleh sunat. Bakteri baik tersebut berperan sebagai pelindung. Oleh karena itu sunat atau khitan diketahui dapat mengurangi risiko tertular HIV dan penyakit menular seksual lainnya. Nah, dimanakah letak bakteri baik tersebut pada penis? Bakteri tersebut terletak di bawah kulup penis.

Demikianlah artikel 5 Manfaat Sunat untuk Kesehatan Pria, semoga dapat meningkatkan pengetahuan dan bermanfaat bagi Anda.

Top