You are here
Home > Pria > Rambut Rontok Mengganggu Penampilan Kamu? Mungkin Ini Penyebabnya!

Rambut Rontok Mengganggu Penampilan Kamu? Mungkin Ini Penyebabnya!

Di zaman seperti sekarang ini merawat rambut tidak hanya dilakukan oleh wanita saja. Karena nyatanya para pria juga sangat memerhatikan penampilan mereka termasuk model dan trend rambut masa kini. Bahkan tidak sedikit para pria jaman sekarang yang tidak malu lagi untuk masuk ke salon hanya untuk melakukan perawatan rambut mereka.

Rambut rontok yang terjadi pada pria dapat berhubungan dengan androgen dan usia. Ini benar-benar membuat stres. Siapa yang tidak panik ketika melihat banyak helaian rambut tertinggal di sisi dibandingkan biasanya? Tapi sayangnya, pria terkadang tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaannya dapat mempercepat kerontokan rambut, yang menjadi penyebab kebotakan.

Berikut ini adalah kebiasaan yang menjadi penyebab rambut rontok yang perlu kamu ketahui :

1. Stress

Stress juga sering mengakibatkan kerontokan rambut. Stres yang berkepanjangan memaksa hormon tubuh termasuk hormon di bagian kepala menyebabkan ketegangan dan membuat akar rambut menjadi rapuh dan menyebabkan kerontokan rambut.

2. Faktor keturunan

Faktor keturunan juga selalu memainkan peran. Kerontokan rambut yang terjadi pria terkadang juga disebabkan oleh faktor keturunan yang mungkin di turunkan pada salah satu gen orang tua (ayah atau ibu).

3. Pengobatan

Pengobatan terhadap suatu penyakit yang diderita juga mampu memberikan efek kerontokan pada rambut. Hal ini tidak hanya terjadi pada wanita, pria pun akan mengalami rambut rontok sebagai efek dari pengobatan yang dijalaninya.

4. Penyakit Kronis

Penyebab kebotakan pada pria bisa karena suatu penyakit, beberapa diantaranya adalah penyakit kronis seperti Diabetes dan juga Rematik. Efek dari penyakit yang diderita akan mengganggu hormon tertentu yang bisa memicu terjadinya keronotokan rambut pada kaum pria.

Itulah penyebab rambut rontok yang terjadi pada kaum pria. Sebaiknya kaum pria tidak serta merta cuek dan membiarkan rambut rontoknya semakin parah. Hal yang dapat dilakukan dengan penggunaan obat untuk mengatasi kepala botak, menjaga asupan nutrisi tubuh dengan baik, menghindari penggunaan obat-obat rambut yang berlebihan dan sembarangan, dan Finasteride (Obat yang biasa diberikan untuk kaum pria yang mengalamin kerontokan rambut). Sekian, itulah beberapa penyebab rambut rontok pada pria.

Top