You are here
Home > Wanita > Persalinan Normal atau Caesar? Kamu Pilih Mana?

Persalinan Normal atau Caesar? Kamu Pilih Mana?

Operasi caesar merupakan persalinan melalui cara pembedahan. Dengan melakukan irisan pada bagian perut bunda yang bertujuan untuk mengeluarkan si baby. Umumnya persalinan ini dilakukan jika persalinan normal melalui vagina tidak memungkinkan karena adanya resiko yang berbahaya bagi bunda maupun si baby.

Meski demikian, beberapa bunda kerap memilih operasi caesar karena alasan tidak tahan dengan rasa sakit yang timbul pasca melahirkan normal. Ditambah juga semakin berkembangnya teknologi kedokteran seperti sekarang ini membuat para calon bunda tidak takut lagi untuk melakukan operasi. Sekarang operasi caesar dipilih bukan lagi karena alasan kesehatan, namun murni karena keinginan sang bunda sendiri.

Melahirkan adalah proses akhir kehamilan yang prosesnya bisa melalui persalinan normal atau persalinan caesar. Pada dasarnya persalinan normal maupun persalinan dengan operasi caesar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk kamu calon bunda yang bingung memilih mana diantara persalinan normal atau persalinan caesar, lebih baik ketahui dulu perbedaanya.

Metode persalinan Pengaruhi Waktu Pemulihan

Pada proses persalinan normal, bunda hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk pulih kembali. Para bunda ini bisa segera melakukan aktivitas biasa seperti bangun, duduk, dan berjalan.

Berbeda dengan yang melakukan operasi caesar. Saat operasi caesar bunda memang tidak akan merasakan sakit, tapi rasa sakit justru akan dirasakan saat pasca operasi. Paling tidak bunda membutuhkan waktu hingga 2 x 24 jam pasca operasi untuk belajar berjalan dan berdiri. Waktu yang dibutuhkan untuk benar-benar pulih juga lebih lama, yaitu selama 6 minggu.

Operasi Caesar Sebaiknya Dilakukan Karena Indikasi Medis

Ada banyak indikasi medis dimana bunda tidak boeh melakukan persalinan normal. Apabila bunda tidak mengalami kemajuan proses pesalinan dan sudah berlangsung dalam waktu lama, dokter akan memutuskan untuk melakukan operasi.

Dokter juga akan melakukan operasi apabila menemui masalah seperti baby kembar atau terjadi gangguan pada janin, baby terlalu besar, lingkar rongga pinggul yang kecil, umur bunda yang tua, atau bisa juga karena kelainan posisi plasenta. Intinya operasi caesar akan dilakukan apabila persalinan secara normal dirasa akan mengancam nyawa bunda dan baby. Sayangnya saat ini banyak calon bunda yang lebih memilih persalinan caesar hanya karena ingin bayinya lahir pada tanggal yang dianggab bagus.

Persalinan caesar bisa menjadi pilihan terakhir mengingat resiko yang lebih besar dan waktu pemulihan yang lebih lama dibanding persalinan normal. Jadi bagaimana bunda? Sudah bisa memilih antara persalinan normal atau caesar?

Top