You are here
Home > Wanita > Mengatasi Penyakit Keputihan dengan Tanaman Obat Alami

Mengatasi Penyakit Keputihan dengan Tanaman Obat Alami

Penyakit keputihan merupakan keadaan dimana organ vagina mengeluarkan cairan putih kental dan berbau menyengat. Namun terkadang, untuk membantu membersihkan tubuh dan membawa kotoran ke luar, keputihan biasa terjadi pada wanita yang telah melewati masa mentruasi. Terkadang juga, vagina akan memberikan tanda-tanda seperti keputihan menjelang masa menstruasi tiba. Keputihan ini disebut keputihan yang masih normal karena wajar terjadi pada wanita.

Jika keadaan sudah lebih parah dimana cairan keputihan yang keluar memiliki warna yang berbeda, kehijauan, kental, dan berbau menyengat serta dalam jumlah yang tak sedikit maka ini perlu diwaspadai. Perlu adanya penanganan dokter, untuk memastikan keadaan tubuh ada penyakit keputihan atau tidak.

Namun, sebelum kamu bertindak lebih jauh untuk menghubungi dokter ada baiknya jika kamu menggunakan beberapa tanaman obat alami untuk mengatasi masalah penyakit keputihan tersebut. Beberapa tanaman obat ini sudah umum digunakan untuk mengatasi penyakit keputihan dari jaman nenek moyang dulu. Beberapa tanaman obat tersebut antara lain :

1. Bawang Putih

Salah satu tanaman yang digunakan untuk bumbu dapur ini ternyata bisa membantu dalam mengatasi masalah penyakit keputihan. Salah satu manfaat dari bawang putih di bidang kesehatan khususnya kewanitaan adalah membantu menyembuhkan infeksi yang terjadi akibat bakteri dan jamur di daerah kewanitaan. Caranya sangat mudah yaitu ambillah satu suing bawang putih, dikupas dan dibersihkan. Dipotong menjadi dua bagian, dan sebelum tidur letakkanlah potongan bawang putih tadi di atas vagina sampai pagi hari.

2. Kunyit

Kunyit yang biasa dipakai sebagai bumbu dapur dan juga juga untuk jamu tradisional ini juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit keputihan. Kunyit mengandung anti bakteri yang berguna dalam membantu mengatasi infeksi oleh bakteri dan jamur penyebab penyakit keputihan. Cara membuat obat tradisional dari kunyit untuk mengatasi keputihan yaitu :

Ambillah 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas dan satu genggam buah asam serta satu potong gula aren. Seluruh bahan direbus menggunakan 1 liter air yang telah mendidih setelah itu disaring. Air rebusan ini diminum sebanyak 1 gelas dalam sehari.

3. Daun Sirih

Selain kedua tanaman alami di atas, ada juga daun sirih yang bisa membantu kamu dalam mengatasi penyakit keputihan yang mengganggu daerah kewanitaanmu. Daun sirih ini bisa dibuat ramuan keputihan alami dengan cara merendam beberapa lembar daun sirih ke dalam air kurang lebih selama 1-2 jam. Setelah itu, air rendaman ini digunakan untuk membersihkan vagina. Bisa juga dengan cara merebus air daun sirih ini lalu diminum secara teratur sekali dalam sehari.

4. Akar Bayam

Cara lain untuk mengatasi keputihan yaitu dengan akar daun bayam. Tanaman obat alami ini memiliki kandungan anti bakteri yang kuat yang bisa membantu dalam membunuh bakteri dan jamur penyebab penyakit keputihan pada wanita. Cara memanfaatkan tanaman ini sebagai obat penyakit keputihan yaitu dengan cara mengkonsumsi akar bayam sebagai juz, diminum paling tidak 2 kali dalam sehari.

Itulah beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami yang bisa membantu kamu mengatasi penyakit keputihan di daerah kewanitaan.

Top