You are here
Home > Wanita > Keputihan Berwarna Hijau Saat Hamil, Kenapa?

Keputihan Berwarna Hijau Saat Hamil, Kenapa?

Meskipun Anda telah menjaga kebersihan area kewanitaan kemungkinan terjadinya keputihan lebih besar pada saat hamil. Keputihan yang disebabkan oleh penyakit biasanya memiliki ciri-ciri berwarna putih, kuning, atau kehijau-hijauan. Lantas bagaimana jika kamu mengalami keputihan berwarna hijau saat tengah hamil? Berikut sedikit info tentang keputihan berwarna hijau saat hamil:

Warna hijau kekuningan pada cairan keputihan dapat disebabkan oleh adanya jamur maupun bakteri yang menghampiri dan hidup dengan baik serta tumbuh secara cepat kemudian merusak jaringan organ intim wanita. Kebanyakan keputihan yang berwarna hijau kekuningan ini lebih sering disebabkan oleh adanya parasit yang cukup berbahaya yakni Trcihomonas vaginalis yang merupakan parasit yang hidup di sekitar area organ intim wanita dan merusak ekosistem di area organ intim dan mengganggu keseimbangan pH di organ intim wanita. 

Selain itu akibat adanya parasit trichomonas vaginalis ini cairan keputihan yang keluar tida hanya dalam bentuk dan warna yang hijau kekuningan. Namun menyebabkan rasa gatal dan bau yang tidak sedap seperti bau busuk atau bau anyir.

Risiko keputihan yang tidak normal seperti keputihan yang berwaran hijau kekuningan yang menghampiri setiap wanita ini bahkan pada ibu hamil sekalipun dapat menuai bahaya yang cukup menakutkan seperti bayi yang lahir dalam keadaan prematur, bayi lahir denga kelainan fisik, kebutaan pada bayi hingga kematian pada bayi.

Jika keputihan yang berwarna hijau kekuningan ini terjadi pada ibu hamil ada baiknya sang ibu memeriksakan diri dan kesehatan serta organ reproduksinya untuk mendapatkan penanganan atas keluhan keputihan yang dialami dengan cairan keputihan yang berwarna hijau kekuningan.

Keputihan Berwarna Hijau Ketika Hamil akan menunjukkan gejala atau perubahan seperti:

– Keputihan Berwarna Hijau Ketika Hamil adanya rasa sakit ketika buang air kecil maupun air besar

Tidak hanya wanita hamil yang megalami keputihan yang berwarna hjau. Perempuan lainnya pun mungkin pernah mengalami keputihan berwarna hijau. Keputihan yang berwarna hijau jika tidak segera diatasi dapat berakibat pada tumbuhna flora yang tidak baik di sekitar organ intim. Bila flora baik di area sekitar organ intim ini terganggu maka akab berubah menjadi flora buruk yang dapat mengakibatkan rasa sakit dan nyeri di bagian perut bawah atau panggul ketika buang air kecil atau air besar.

– Keputihan Berwarna Hijau Ketika Hamil adanya perubahan pada hormon yang mempengaruhi kehamilan

Perubahan hormon pada wanita hamil pastinya banyak terjai pada wanita tidak hanya pada perubahan produksi dan warna cairan keputihan saja namun perubahan hormonal juga dapat mengganggun psikologis. Perubahan hormon pada wanita hamil sering terjadi dan tidak terduga.

– Keputihan Berwarna Hijau Ketika Hamil adanya penurunan stamina ibu dan berat badan bayi

Keputihan yang berwarna hijau yang dialami wanita hamil tidak hanya berisiko pada penyakit semata. Namun dapat menurunkan berat badan bayi dan ibu tentunya hal ini berakibat fatal, bisa-bisa bayi lahir dalam berat badan kurang ideal dan kelahiran tidak normal.

Top