You are here
Home > Wanita > Kamu Wanita Pecinta Kopi? Mungkin Kamu Harus Tahu Hal Ini!

Kamu Wanita Pecinta Kopi? Mungkin Kamu Harus Tahu Hal Ini!

Kopi memang mempunyai banyak manfaat, namun sayangnya selain memiliki manfaat, kopi juga punya beberapa efek samping berbahaya bagi tubuh. Salah satunya adalah membuat wanita sulit hamil. Beberapa pendapat menyatakan satu atau dua kopi dalam beberapa hari tidak akan menjadi masalah. Namun pendapat lain menyatakan bahkan hanya satu gelas kopi dalam satu hari saja sudah dapat meningkatkan resiko keguguran maupun kelainan kandungan.

Wanita yang terlalu banyak mengonsumsi kopi akan kesulitan untuk hamil. Hal ini disebabkan asupan kafein yang tinggi akan mempengaruhi kontraksi otot tuba falopi dan mengganggu kesuburan kamu.

Dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang menunjukkan, zat kafein memengaruhi saluran indung telur, tempat pembuahan terjadi. Memang penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Nevada, Amerika Serikat, ini baru dilakukan pada tikus di laboratorium, tetapi tikus memiliki karateristik biologi yang sangat mirip manusia. Dalam riset tersebut, terungkap bahwa kafein akan menghalangi sel di dalam dinding otot tuba falopi (saluran indung telur) untuk berkontraksi. Sel ini bertanggung jawab untuk menekan sel telur dalam perjalanannya menuju rahim. Jika saluran indung telur ini tidak berkontraksi dengan efisien, sel telur tidak akan bisa mencapai rahim. Akibatnya, telur yang sudah dibuahi tidak bisa tertanam di dinding rahim. Penelitian ini bisa memberi penjelasan mengapa perempuan yang mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak sering susah hamil dibandingkan dengan wanita yang tidak mengasup kafein.

Jadi untuk kamu wanita pecinta kopi, apabila kamu tidak ingin menggagalkan mimpi kamu agar cepat hamil, sangat disarankan untuk membatasi konsumsi kafeinnya, tidak lebih dari 50 mg per hari. Jumlah itu setara dengan secangkir teh, soda, atau lima batang cokelat.

Top