You are here
Home > Wanita > Sering Gatal Pada Vagina, Apa Penyebabnya?

Sering Gatal Pada Vagina, Apa Penyebabnya?

Apa kamu pernah merasakan gatal di daerah vagina? Tentu pernah bukan? Sebenarnya gatal-gatal pada vagina adalah sesuatu yang umum terjadi dan normal. Namun, kamu jangan membiarkan dan menyepelekan hal ini!

Organ intim wanita merupakan organ penting dalam kehidupan wanita. Karena letaknya yang tersembunyi tapi bukan berati bisa luput dari kontaminasi bahaya. Gatal pada vagina bisa disebabkan oleh jamur atau reaksi alergi. Jamur bisa muncul karena aktivitas seks atau keputihan atau terlalu lembab di organ vagina, asupan gula berlebihan dalam tubuh, lalu antibiotik, dan mungkin dikarenakan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh.

Sebenarnya terdapat bakteri baik yang penting di daerah vagina untuk menjaga keseimbangan ph. Namun ketika pertumbuhan bakteri sangat berlebih didaerah vagina atau ketika bakteri jahat mulai mendominasi vagina, gatal-gatal akan mulai terasa.

Lalu apa saja penyebab gatal pada vagina yang sering kamu alami?

Penggunaan bahan kimia

Gatal dapat disebabkan iritasi vagina akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kondom, krim, sabun, tisu, atau pembalut yang digunakan.

Adanya gangguan lokal di bagian luar vagina

Muncul jika terjadi peradangan akibat adanya luka. Luka yang timbul kemungkinan sebab sering menggaruk karena menderita keputihan.

Kutu kudis kemaluan

Gatal disini bisa jadi disebabkan adanya kutu kudis yang ditularkan melalui hubungan seksual dari pasangan yang menderita penyakit kudisan.

Sering menggunakan pakaian ketat

Banyak wanita yang cenderung suka menggunakan pakaian ketat untuk menarik lawan jenis. Padahal ini berdampak pada kesehatan daerah kewanitaannya. Terlalu sering menggunakan pakaian ketat bisa membuat vagina tidak mendapatkan cukup udara segar yang menjadikannya lembab kemudian timbullah gatal.

Karena Stres

Frustasi, kegagalan dalam berhubungan intim, atau sedang membenci pasangan bisa menjadi penyebab munculnya gatal pada vagina. Meski jarang terjadi, namun kondisi emosional yang tidak stabil dapat menyebabkan sistem kekebalan menurun sehingga membuat tubuh lebih berisiko mengalami gatal dan iritasi.

Perlu kamu ketahui penyebab utama dari timbulnya risiko serangan penyakit adalah dari diri kamu sendiri yang sering kali mengabaikan kesehatan dan kebersihan diri terutama kebersihan organ intim wanita. Oleh karena itu kamu harus selalu menjaga kebersihan area organ intim kamu agar tidak terkontaminasi kuman dan bibit penyakit yang mungkin dapat terjadi kapan saja. Bukan hanya tubuh semata yang perlu kamu jaga dan mendapatkan perlakuan khusus,  tapi miss V juga ya. Perlakuan yang baik akan menghindarkan kamu dari Gatal Pada Vagina.

Top