You are here
Home > Pria > Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Secara Alami

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Secara Alami

Masalah nafsu makan menjadi hal yang dialami banyak Mama. Kurangnya nafsu makan membuat Mama bingung apalagi anak yang gemar memilih makanan.

Ternyata ada banyak faktor yang memengaruhi nafsu makan anak seperti masalah pencernaan. Untuk itu, ada beberapa cara meningkatkan nafsu makan yang tentunya dilakukan secara alami.

1.Lemon

Salah satu penyebab anak yang kurang nafsu makan ialah kuman yang ada di saluran pencernaan. Perasan lemon merupakan cairan alami yang baik untuk detoksifikasi. Maka, jus lemon secara efektif dapat menambah nafsu makan.

Segelas jus lemon akan membunuh semua kuman dan racun dalam tubuh. Lemon juga baik untuk kelancaran sistem pencernaan anak.

2.Jahe

Bahan alami lain yang juga dapat meningkatkan nafsu makan ialah jahe. Biasanya salah satu faktor yang membuat anak enggan makan ialah rasa mual atau susah menelan. Kondisi ini sangat mungkin terjadi pada anak yang sedang sakit.

Jika anak tidak suka dengan rasa jahe, Mama bisa mencampur air rebusan jahe dengan lemon dan madu. Minum jahe di pagi hari dapat menyembuhkan nafsu makan.

3.Buah-buahan kering dan kacang-kacangan

Ternyata, Mama bisa menggunakan buah-buahan kering dan kacang-kacangan pada anak di saat waktu camilan. Camilan yang sehat dapat membuat anak tetap nafsu makan jika pada di jam makan.

Jika Mama memberinya camilan dengan gula, maka si kecil tidak akan memiliki keinginan untuk makan. Buah-buahan kering dan kacang-kacangan juga membantu tubuh anak tetap sehat dan tidak mengalami kenaikan berat badan.

4.Buah pepaya

Mama bisa memberi si kecil buah yang dapat meningkatkan nafsu makan. Salah satu buahnya ialah pepaya. Pepaya merupakan buah yang merangsang nafsu makan.

Berikan buah ini sebelum makan siang agar saat makan siang mereka dapat makan dengan lahap dan habis. Buah anggur hijau juga bisa Mama berikan untuk meningkatkan nafsu makan.

5. Porsi dan jadwal makan

Cara meningkatkan nafsu makan juga datang dari jadwal makan sehari-hari. Jangan biasakan anak makan dengan jadwal yang tidak teratur. Hal ini akan membuat mereka kenyang karena makanan yang kurang sehat seperti camilan.

Selain jadwal, porsi makan yang kecil dan berkala jauh lebih baik dibanding porsi makan besar yang dapat membuat anak tidak nafsu untuk makan.

Top