You are here
Home > Percintaan > Cara Mengatasi Masalah Dalam Rumah Tangga

Cara Mengatasi Masalah Dalam Rumah Tangga

Dalam kehidupan rumah tangga pastinya kamu ingin memiliki keluarga yang harmonis, jauh dari konflik dan lain sebagainya yang bisa menimbulkan permasalahan yang mungkin berakhir dengan hancurnya suatu rumah tangga. Hubungan rumah tangga yang kamu jalani bersama dengan pasangan tidak akan melulu mengalami kebahagiaan dan keindahan tanpa tersandung masalah sekecilpun. Jika kalian tidak pintar-pintar dalam mengahadapi masalah ini, bukan tak mungkin rumah tangga kalian akan berantakan.

Untuk menciptakan hubungan yang baik dan harmonis, maka suami dan istri dituntut untuk bisa menghadapi dan mengatasi permasalahan rumah tangganya dengan baik dan bijak.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah dalam rumah tangga:

1. Biarkan Cinta Berbicara

Maksutnya biarkan cinta berbicara yaitu ingatlah bahwa kalian berdua saling mencintai dan tak mau kehilangan. Gunakan rasa cinta tersebut untuk membantu mengatasi masalah yang sedang menimpa. Disaat kalian bertengkar baiknya kalian ingat dimana saat kalian bahagia bersama, disaat pacaran disaat awal nikah dan lain-lain. Berhubungan intim juga dapat mengatasi masalah yang mendera kalian berdua. Rasa cinta merupakan kekuatan yang paling dasyat yang bisa digunakan untuk menghidari pertengkaran dan memperkuat bahtera rumah tangga.

2. Kontrol Emosi

Yang paling penting dalam menghadapi masalah rumah tangga yaitu kontrol emosi. Ketika kamu dihadapkan dengan masalah rumah tangga jangan sampai emosi menguasai diri kamu, karena disaat emosi, orang tidak akan bisa mengambil keputusan ataupun solusi yang terbaik. Emosi yang tidak terkotrol bisa mengakibatkan diskusi yang awalnya baik-baik saja menjadi pertengkaran yang hebat. Jika kamu sudah mulai emosi baiknya kamu mengakhiri pembicaraan, hal ini lebih baik kamu lakukan dari pada nantinya kamu mengungkapkan kata-kata atau perlakuan yang bisa menyakiti pasangan ataupun anggota keluarga kamu sendiri.

3. Kontrol Nada Suara

Ketika rumah tangga kamu sedang dihadapi masalah, kamu juga harus mengontrol nada suara kamu, karena orang yang sedang didera konflik sangatlah sensitif, mungkin maksut kamu baik, namun bila disampaikan dengan nada yang keras, pasangan kamu akan mengangganya suatu serangan, dan pastinya akan menimbulkan pertengkaran. Hindarilah nada suara yang tinggi. Untuk para istri jangan mencerca suami dengan berbagai pertanyaan. Bicarakan semuanya dengan dengan dan beri jeda juga kesempatan untuk berfikir juga berbicara.

4. Bicarakan Masalah Dalam Kondisi Yang Tepat

Kamu punya masalah, suami kamu juga punya masalah dan semua orang juga punya masalah. Disini kamu harus pandai dan tahu kapan kamu harus mengungkapkan masalah yang kamu miliki atau kapan kamu harus menundanya. Perhatikan kondisi pasangan kamu sebelum kamu menceritakan masalah kamu, jika pasangan kamu sedang dalam keadaan stress, depresi, baiknya kamu mengungkapkan masalah kamu ketika kondisi pasangan kamu sudah membaik.

5. Berpikir Dari Sudut Pandang Pasangan

Seringkali ketidakberdayaan seseorang dalam menghadapi masalah adalah karena ia terus menerus melihat masalah dari sudut pandangnya tanpa melihat sudut pandang pasangannya. Padalah hal ini perlu sekali dilakukan untuk bisa menentukan mana yang benar dan mana yang salah sesuai dengan kesepakatan bersama. Untuk itu, berusahalah untuk melihat segala sesuatunya dari sudut pandang orang lain . Hal ini berguna untuk benar-benar memahami posisi pasangan dalam masalah yang kamu hadapi berdua. Pikirkanlah konsekuensi, kesedihan, kerugian atau bahkan rasa sakit yang harus ditanggung oleh pasangan. Dengan demikian, penyelesaian masalah akan dapat dicapai dengan lebih baik.

6. Minta Bantuan Teman Terdekat atau Keluarga

Baiknya permasalahan rumah tangga harus kamu selesaikan sendiri dengan pasangan kamu, namun jika semua itu sudah tidak memungkinkan kamu bisa minta bantuan teman terdekat atau bahkan keluarga sendiri untuk membantu menyelesaikan permasalahan rumah tangga kalian.

7. Ingat Kembali Komitmen yang Kamu Buat Dengan Pasangan

Jika masalah rumah tangga yang kamu hadapi bersama dengan pasangan sudah terlanjur besar dan beresiko membahayakan stabilitas hubungan bersama dengan pasangan. Maka ingatlah kembali komitmen kamu saat kamu dan pasangan memutuskan untuk menjalani hidup bersama saat dulu. Sadarilah bahwa setiap masalah akan ada penyelesaiannya. Hidup ini terus berputar, kamu dan pasangan tidak akan melulu merasakan keterpurukan dalam masalah.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah dalam rumah tangga yang perlu kamu ketahui. Masalah adalah hal yang wajar terjadi dalam sebuah rumah tangga. Namun bagaimana kita bisa menghadapi dan melewatinya adalah hal yang akan senantiasa membuat hubungan pernikahan bisa bertahan lebih lama.

Top