You are here
Home > Percintaan > 7 Tips Bagi Pengantin Baru Untuk Memulai Kehidupan Rumah Tangga Yang Harmonis

7 Tips Bagi Pengantin Baru Untuk Memulai Kehidupan Rumah Tangga Yang Harmonis

Menikah memang dambaan bagi setiap manusia. Bagi kamu yang baru saja menikah pastinya masih membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi satu sama lain. Situasi dalam ikatan pernikahan akan terasa jauh berbeda dari waktu masih pacaran. Setelah menikah tentunya kedua mempelai dihadapkan kepada beberapa permasalahan di awal kehidupan baru mereka.

Dari permasalahan-permasalahan tersebut, tidak jarang pasangan yang pondasi hubungan belum kokoh tersebut harus goyah karena tidak bisa mempertahankan rumah tangga yang baru saja dibinanya.

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, berikut saya berikan beberapa tips bagi pengantin baru untuk memulai kehidupan rumah tangga yang harmonis:

1. Hindari Permasalahan Kecil

Di awal pernikahan adalah masa-masa penyesuaian antara kamu dan pasangan. Tak jarang, pasangan baru belum terbiasa dengan sikap dan kebiasaan pasangannya. Walau mereka sudah berpacaran selama bertahun-tahun, namun tetap saja penyesuaiannya tidak mudah.
Untuk itu, jangan terlalu mempermasalahkan hal-hal kecil. Jangan sampai kebiasaan suami membaca di atas tempat tidur memancing pertengkaran hebat di antara kamu berdua. Kuncinya adalah beradaptasi dan saling pengertian.

2. Menjaga Komunikasi

Sebuah komunikasi yang baik merupakan salah satu hal yang dapat menjadikan rumah tangga menjadi harmonis di awal pernikahan. Selain menjalin sebuah komunikasi yang bagus satu sama lain, kamu bersama pasangan juga harus menjelaskan tentang apa yang kurang di dalam diri kepada pasangan. Apabila ada sesuatu yang sebenarnya tidak kamu sukai dari pasangan, katakanlah dengan jelas. Jangan sampai dipendam karena hal itu dapat menimbulkan pertengakaran dan juga kesalahpahaan di kemudian hari.

3. Belajar Menyesuaikan Diri Dengan Keluarga

Kamu dan pasangan membutuhkan beberapa waktu untuk dapat menyesuaikan diri dengan keluarga masing-masing. Pada saat awal pernikahan ini, kamu dan dia harus meluangkan waktu untuk lebih mengenal dan juga memahami kebiasaan dari keluarga masing-masing serta berusaha mengadopsi kebiasaan itu.

4. Jangan Berhenti Berkencan

Meskipun sudah menjalani sebuah rumah tangga, tetapi ada baiknya kamu terus menjaga sebuah hubungan yang baik antara satu sama lain dengan selalu meluangkan waktu berdua setiap saat. Selain membuat sebuah hubungan tampak semakin hangat, kencan juga dapat dijadikan sebagai sebuah media untuk mengenal kepribadian pasangan lebih jauh lagi yang belum terdeskripsikan selama ini.

5. Memahami Satu Sama Lain

Setelah kamu menikah, kamu akan mengetahui berbagai hal baru dari pasangan. Pada saat memasuki bulan-bulan awal pernikahan, kamu pastinya akan menghabiskan waktu lebih banyak bersama dengan pasangan. Manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk mencoba saling memahami. Kamu nantinya akan mengetahui setiap detail kecil mengenai kebiasaan, kesukaan, serta kebutuhan pasangan.

6. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Seks

Seks tidak diragukan lagi dapat menjadi pintu mediasi konflik suami istri. Tak ada salahnya meningkatan kuantitas dan juga kualitas hubungan seks kamu agar hubungan yang baru terjalin semakin harmonis.

7. Hindari Mengucapkan Kata Cerai

Dalam situasi seburuk apapun, jangan pernah mengucapkan kata ‘cerai’ kecuali kamu benar-benar menginginkannya. Ingat, pernikahan kamu bukan sekedar ikatan resmi di mata negara saja, namun juga di mata Tuhan. Oleh karena itu, jangan pernah bermain-main dengan ikatan suci ini. Gampang berkata ‘cerai’ akan membuat nilai pernikahan kamu menjadi berkurang. Pasangan pun akan beranggapan, bahwa kamu tak sesungguhnya menghargai pernikahan yang telah dilakukan.

Itulah beberapa tips bagi pengantin baru untuk memulai kehidupan rumah tangga yang harmonis. Dengan membaca artikel ini, semoga kamu bisa meraih masa depan dan kebahagiaan bersama keluarga baru kamu.

Top