You are here
Home > Rumah Tangga > 5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan Sang Anak

5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan Sang Anak

Anak yang cerdas semata-mata tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang bisa memperngaruhi tingkat kecerdasan sang anak. Misalnya, faktor keturunan, ataupun karena kandungan nutrisi yang terdapat di setiap makanan yang di konsumsinya.

Tapi tahukah anda, ternyata makanan berikut bisa meningkatkan kecerdasan anak. Makanan ini bisa sudah banyak di konsumsi orang, namun yang menjadi masalahnya adalah ketidak tahuan tentang kandungan nutrisinya.

Berikut 5 makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan anak;

  1. Telur

5-alasan-lebih-baik-makan-telur-utuh-bukan-putihnya-sajaSiapa yang tidak kenal makanan yang satu ini. Telur merupakan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti kolin, asam lemak omega-3, zinc, vitamin A dan B12, dan mineral esensial seperti fosfor dan zat besi. Yang semua itu sangat baik untuk perkembangan diri sang anak. Entah fisiknya maupun perkembangan otaknya.

Betapa pentingnya peran orang tua untuk bisa memberikan asupan nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak.

  1. Sayuran Warna-Warni

sayur-dan-buah-sehatSelain telur di atas, sayuran juga merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Wortel, tomat, ubi jalar, bayam, dan labu merupakan sayuran yang mengandung banyak antioksi dan nutrisi yang bisa membuat sel-sel otak menjadi kuat dan sehat. Kandungan vitamin E, vitamin A, zinc, dan folat sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan sang anak.

Akan tetapi yang menjadi kendalanya adalah tidak sukanya sang anak untuk mengkonsumsi sayuran. Nahh disinilah tingkat inovasi orang tua di perlukan. Jika anak anda susah untuk langsung mengkonsumsi sayuran, anda sebagai orang tua bisa melakukan inovasi dengan cara merubah sayuran menjadi jus atau salad.

Dengan cara ini sang anak akan merasa  tertarik untuk mengkonsumsi sayuran karena tampilan inovasi sayuran yang baru.

  1. Ikan Salmon

154856_salmon2tsIkan yang satu menjadi sumber asam lemak Omega-3 terbaik yang sangat berperan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Apalagi untuk perkembangan otak sang anak, mengkonsumsi ikan salmon sangat baik. Karena sel-sel otak pada anak kecil lebih labih untuk tingkat perkembangannya, dan dengan mendapatkannya asupan nustri dari ikan salmon akan menambkan tingkat kecerdasan yang berkembang pada diri sang anak.

Selain ikan salmon, ikan tuna juga mengandung asam lemak Omega-3 yang di butuhkan untuk perkembangan otak sang anak, namun tidak sebanyak ikan salmon.

  1. Selai Kacang

tips-membuat-selai-kacangApa bisa selai kacang bisa menambah kecerdasan sang anak ?

Menurut hasil penilitian, kacang tanah dan selai kacang banyak mengandung antioksidan dan vitamin E yang baik untuk menjaga membran-membran sel saraf pada otak.

  1. Susu

102750_3.susukejuyogurtSelain menjadi minuman yang segar, susu dan turunannya ternyata tinggi akan vitamin B dan protein. Selain bisa mengenyangkan jika mengkonsumsi susu atau yogurt karena kandungan karbohidratnya, vitamin B dan protein yang di kandungnya sangat penting untuk membantu pertumbuhan otak.

Meningkatkan kecerdasan anak tidak hanya dari asupan nutrisi saja, namun dengan di dampingin belajar yang rajin akan sangat membantu kecerdasan sang anak. Karena asupan nutrisi yang di perlukan oleh otak sebagian besar berfungsi untuk menguatkan daya ingat sang anak.

Baca artikel populer lainnya: 3 Faktor Utama Penentu Kecerdasan Anak

Top