You are here
Home > Rumah Tangga > 3 Faktor Utama Penentu Kecerdasan Anak

3 Faktor Utama Penentu Kecerdasan Anak

Saya yakin, semua orang tua pasti menginginkan memiliki seorang anak yang cerdas. Bisa saya katakan seperti ini “prestasi tertinggi seorang orang tua adalah ketika mampu mencetak anak-anak yang cerdas”. Karena anaklah yang kelak suatu saat yang mempu membanggakan orang tua.

Setiap anak pasti memiliki kecerdasannya masing-masing, namun pada kenyataannya tidak semua anak mampu untuk menjadi anak yang cerdas. Sebelum saya membahas tentang faktor penentu kecerdasan anak, perlu anda ketahui terlebih dahulu faktor yang bisa menghambat kecerdasan sang anak.

Ada beberapa faktor yang bisa menghambat kecerdasan anak:

  1. Faktor Biologis

Faktor biologis yang di maksud adalah adanya kekurangan yang terjadi pada tubuh sang anak. Misalnya adanya penyakit, karena kecelakaan, ataupun kekurangan gizi. Karena hal ini lah biasanya sang anak sulit untuk bisa berkembang menjadi anak yang cerdas di karenakan ketidak mampuannya.

  1. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan merupakan faktor yang paling umum yang bisa menghambat kecerdasan anak. Terutama dari lingkungan di mana dia berada, seperti lingkungan yang jarang sekali rangsangan mental.

Hal seperti ini biasanya jarang di ketahui oleh orang tua. Dan paling utama adalah dari lingkungan rumah tangga. Karena dari lingkungan keluargalah yang menjadi masuknya mental kecerdasan ke diri sang anak.

Naahhh.

Itulah faktor yang bisa mengahambat kecerdasan sang anak. Maka dari itulah tugas orang tua untuk selalu memperhatikan sang buah hati.

Kemudian, yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah faktor yang bisa menentukan kecerdasan sang anak. Karena pada dasarnya, seorang anak akan mendapatkan kecerdasan yang sesungguhnya dari dalam dirinya jika tidak ada faktor yang mempengaruhi kecerdasannya.

Berikut 3 faktor utama yang mempengaruhi kecerdasan sang anak:

  1. Faktor Keturunan

Siapa sangka faktor keturunan menjadi faktor pertama kali yang bisa mempengaruhi kecerdasan anak. Karena kecerdasan dari orang tua itu bisa di turunkan kepada sang anak melalui gen-gen di dalam kromosom. Misalnya, jika orang tuanya cerdas, sang anak kelak juga akan menjadi seseorang yang cerdas, dan lain sebagainya.

  1. Faktor Gizi

Mungkin anda pun sudah mengatuhui faktor yang ini. Faktor gizi memang bisa mempengaruhi kecerdasan sang anak. Terutama ketika sang anak masih bayi, menyusu, ataupun masih di dalam kandungan. Gizi yang baik sangat di butuhkan, karena saat-saat itulah sel-sel otak sang anak berkembang dengan pesat.

  1. Faktor Lingkungan

Seperti yang sudah saya singgung di atas. Faktor lingkungan merupakan faktor yang membentuk pertama kali mental sang anak. Adanya rangsangan kasih sayang, rasa aman, pengertian, perhatian, penghargaan menjadi hal utama yang bisa membentuk mental sang anak.

Itulah 3 faktor utama penentu kecerdasan anak yang bisa anda perhatikan mulai. Sekarang, Karena memiliki anak yang cerdas merupakan bekal bahagia orang tua kelak nanti.

cerdas

Baca juga artikel terkait: 5 Tips Mudah Mengatasi Anak Malas Belajar.

Top